26 June 2017

fadly's picture
Posted by fadly on December 22, 2012

Mamuju, -- Badan Meterologi Klimatogi dan Geofisika menyatakan, ketinggian perairan Sulawesi Barat cukup aman untuk melaut bagi para nelayan yang mencari ikan hingga sepekan kedepan.

"Berbeda dengan seminggu sebelumnya, ketinggian perairan sulbar tidak aman melaut karena ketinggian gelombang mencapai tiga meter, sepekan kedepan ketinggian perairan sulbar dinyatakan aman melaut," kata Prakirawan stasiun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Majene, Ricard di Mamuju, Jumat (10/05).

Ia mengatakan, ketinggian gelombang laut di perairan Sulbar mencapai 1,3 meter sehingga dinyatakan aman bagi nelayan menangkap ikan hingga tiga hari kedepan.

Ricard mengatakan, kecepatan angin yang berhembus di perairan Sulbar sekitar 25-30 kilometer per jam bertiup dari arah Timor menuju Tenggara.

"Nelayan yang sepekan sebelumnya tidak melaut menangkap ikan akibat gelombang tinggi di perairan sulbar, dapat kembali menangkap ikan dilaut karena cuaca sudah bersahabat,"katanya.

Menurut dia, curah hujan di perairan sulbar juga relatif bersahabat dengan curah hujan sedang 100 milli liter,

Ia mengatakan, ketinggian gelombang di Perairan Sulbar tersebut juga aman bagi pelayaran, khususnya bagi para penumpang yang menggunakan jasa angkutan laut seperti kapal feri dari Kota Mamuju, Sulbar menuju Kota Balikpapan, Kalimantan.

"Perairan Sulbar juga aman bagi kapal penumpang dari daerah lain seperti dari Kota Makassar dan Kota Parepare, Sulawesi Selatan, yang melintas ke daerah ini, atau ke Pulau Kalimantan,"katanya.(Ant/Al).

Categories: 

Add new comment

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah kiriman spam otomatis.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.
left