26 June 2017

echal's picture
Posted by echal on October 24, 2015

Secara jelas diungkapkan dalam konstitusi kita bahwa semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di depan hukum (equality before the law). Selanjutnya, setiap warga negara juga berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, kepastian hukum yang adil, dan mendapatkan bantuan hukum apabila terlibat dalam suatu perkara.

Hal tersebut perlu diketahui dan dipahami oleh semua warga negara, termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Ini mengingat kondisi masyarakat kita yang masih awam terhadap hukum atau aturan-aturan yang berlaku, yang dimungkinkan banyaknya aturan-aturan (kebijakan-kebijakan) yang muncul tanpa adanya ”diseminasi” yang merata di tingkat ”bawah”. Padahal, dalam hukum tidak dikenal atau tidak ada kompromi jika orang yang melanggar hukum karena ia belum atau tidak tahu tentang peraturan atau hukum tersebut. Dengan demikian, aturan-aturan hukum yang berlaku semestinya diketahui dan dipahami oleh semua warga negara.

Dalam konteks birokrasi kita, permasalahan-permasalahan hukum juga seringkali terjadi dan melibatkan aparatur sipil negara negara, yang semestinya menjadi tauladan di tengah masyarakat. Pada beberapa kasus, ”terlibatnya” aparatur negara dalam perkara hukum tersebut dimungkinkan kurang adanya pemahaman terhadap peraturan yang berlaku.
Untuk itulah maka Sub Bagian Hukum dan KUB Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat melakukan program Pembinaan Penanganan Kasus Hukum dengan harapan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman hukum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di Lingkup Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat.

Di harapkan pula bahwa dengan program seperti ini akan menciptakan aparatur yang taat hukum serta dapat juga memantapkan dan mensosialisasikannya di tengah masyarakat sebagaimana disampaikan Kabag Tata Usaha H. Muh. Dinar Faisal yang di dampingi oleh Kasubag Hukum Dan KUB Drs. H.M Yahya Bahar, M.PdI dalam wawancara dengan sulbarnews.com di dalam pelaksanaan acara di Kab. Mamasa.

Saya selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mamasa sangat berterima kasih kepada Kanwil Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat dengan adanya kegiatan seperti ini dan berharap agar kegiatan pembinaan Penanganan Kasus Hukum bagi ASN dapat di lanjutkan di tahun depan, karena kegiatan seperti ini sangat berarti buat pembekalan pengetahuan bagi aparatur di Kab. Mamasa. demikian di sampaikan oleh Kankemenag kab. Mamasa Drs. H. Ahmad Barambangy, M.Si di sela sela pelaksanaan kegiatan.

Categories: 

Add new comment

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah kiriman spam otomatis.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.
left