23 June 2017

Posted by ashari on February 20, 2014

Sulbarnews.com--Sebagaimana Provinsi yang baru berkembang lainnya, kebutuhan akan transportasi yang ada di Sulawesi Barat sekarang ini juga turut mewarnai persaingan perusahaan dalam meningkatkan pelayanan angkutan darat. Sedikitnya 5 Perusahaan Bus Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) yang bergerak di bidang jasa transportasi angkut penumpang telah menghadirkan armada terbaru mereka.

Ketua Pemerhati Transportasi Sulawesi Barat (PTSB), Nawir Muhammad mengatakan, bus mewah ini merupakan bus impor dari perusahaan bus terkenal di Jerman dan Swedia, yaitu Mercedez - Benz dan SCANIA.

"Lima Perusahaan Bus yang beropersi di Sulbar itu, telah mendatangkan bus impor dari luar negeri, semuanya bus mewah dengan fasilitas yang canggih," tutur Nawir.

Menurut Nawir , maraknya bus mewah dalam suatu grafik persaingan bisnis antar pemilik perusahaan bus dengan meng-upgrade armada terbaru yang ada, yakni sebagai salah satu upaya perusahaan untuk mencapai Over Tracking (Target terpenuhi). Apalagi di Sulawesi Barat sendiri yang memiliki tingkat kapasitas penumpang atau Reload Passenger-nya sangat signifikan, dari rute Palu
(Sulawesi Tengah) - Pasangkayu (Mamuju Utara) - Mamuju - Makassar dan sebaliknya.

"Jelas ini adalah persaingan perusahaan. Mereka punya target untuk bisnis. Apalagi di Sulbar yang memiliki aktifitas penumpangnya cukup tinggi dalam tujuan Palu (Sulteng) - Pasangkayu (Sulbar) sampai dengan Makassar (Sulsel)," ucap Nawir.

Sementara itu, Ridwan, CO. Executive Bintang Prima Cabang Mamuju mengatakan, pembelian Bus impor bermerek Mercedez Benz 1826-1830 Jetbus HD yang paling banyak dirilis oleh perusahaan, karena dilengkapi dengan Suspensi Udara (Air Suspension) yang berfungsi sebagai shock sistem bus agar penumpang tetap nyaman. Disamping itu juga memiliki fasilitas unggulan yakni kursi electrik dan fasilitas WIFI (Akses Internet).

" Kami, CO. Bintang Prima sendiri, merilis Bus Mercedez Benz terbaru Tipe 1830 ini, karena memiliki berbagai fasilitas yang tersedia seperti internet, dan kursi elektrik yang bisa diatur penumpang," ungkap Ridwan.

Dengan fasilitas yang canggih tersebut, tentunya berpengaruh pada tarif standar Bus AC VVIP yang bermain disekitaran Rp.150.000 untuk rute Mamuju-Makassar menjadi Rp.175.000-Rp.180.000 dan rute Palu - Makassar dari Rp.230.000 menjadi Rp.250.000 untuk .

"Tentu beda tarif lah, tapi tidak signifikan. hanya naik 5 - 7 % saja. Tapi kenapa, rute Palu ke Makassar saja yang berbeda tarifnya Rp. 250.000 atau naik hingga Rp. 20.000," Cetus Ridwan.

Ini merupakan bus istimewa lintas provinsi yang ada di Sulawesi Barat. Kehadiran bus mewah seperti ini, setidaknya dapat dimanfaatkan sebagai transportasi alternatif bagi penumpang kelas atas, ketika transportasi udara (Pesawat Terbang) penuh atau mengalami kendala.

Reporter: MSD
Editor:AR

Categories: 

Add new comment

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah kiriman spam otomatis.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.
left