26 June 2017

Posted by ashari on April 25, 2014

Sulbarnews.com--Republik Afrika Selatan (Afsel) merayakan ulang tahun kemerdekaan ke 20 di Jakarta. Acara tersebut sekaligus memperingati 20 tahun hubungan diplomatik dengan Indonesia

Dalam perayaan kemerdekaannya Duta Besar Republik Afsel, Pakamisa Agustine Sifuba menceritakan bagaimana proses perjalanan kemerdekaan Afsel yang dimulai sejak 1994 sampai 2014.

“Melihat proses kemerdekaan dan demokrasi, aku akan mengenang politik apartheid, Nelson Mandela, karena perjuangannya Afsel bisa memperoleh kemerdekaan dan demokrasi selama 20 tahun,” ucap Sifuba di Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Proses kemerdekaan Afsel tidak bisa lepas dari Nelson Mandela. Mandela merupakan tokoh yang memperjuangkan anti rasisme di dunia dan memperkenalkan Benua Afrika tentang paham demokrasi.

Tak hanya berbicara soal kemerdekaan Afsel, dalam pidatonya Sifuba juga sempat memberikan apresiasinya terhadap Bhineka Tunggal Ika sebagai landasan dari kesatuan Negara Indonesia.

Perayaan kemerdekaan Afsel turut disertai jamuan makan malam.
Acara tersebut juga dihadiri para Duta Besar yang ada di Jakarta dan Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto sekaligus mewakili Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Sekedar informasi, hubungan bilatereal RI-Afsel terkait dalam sejumlah aspek. Termasuk dengan rencana implementasi dan deklarasi startegis pemerintah untuk mengoptimalkan mekanisme Pemilihan Umum (Pemilu).

Hubungan kedua negara beda Benua ini, sudah terikat dalam waktu yang lama. Hubungan tersebut dimulai dengan deklarasi Konfrensi Asia-Afrika di Bandung pada 1955.

Sumber:Okezone.com

Categories: 

Add new comment

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah kiriman spam otomatis.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.
left