26 June 2017

fadly's picture
Posted by fadly on July 30, 2013

Jakarta - Thurman Saut Hutapea langsung dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang menyusul pengakuan kekasih bandar narkoba Freddy Budiman, Vanny Rossyane. Thurman malu dengan sanksi tersebut.

Ia merasa tidak bersalah dan dizalimi oleh pihak yang menginginkan jabatannya. “Saya pun heran ada anak gadis cantik menjelek-jelekkan orang. Mungkin karena sudah tidak terpenuhi, ya. Jangan korbankan kita, dong,” kata Thurman dalam fokus majalah detik edisi 87. Berikut wawancara Pasti Liberti dan Bahtiar Rifai dari majalah detik dengan Thurman Saut Hutapea, bekas Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cipinang, di ruang kerja Kepala Lapas Cipinang:

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Denny Indrayana mengumumkan pencopotan Anda. Kapan Anda mengetahui pencopotan itu? Saya dipanggil Kementerian pada Kamis malam saya dapat surat perintah penarikan saya ke Ditjen Pemasyarakatan. Saya terima saja. Tidak apa-apa. Tapi, sebagai seorang sarjana hukum, saya malu. Saya juga malu pada almamater saya, Universitas Sumatera Utara, yang menamatkan saya.

Kalau perlu saya tempel surat-surat penghargaan itu di kening saya (sambil menunjuk piagam penghargaan di dinding ruang kerjanya). Tapi perlu juga disikapi oleh penegak hukum soal pengakuan Vanny di detikcom bahwa dia aborsi itu melanggar hukum. Pernah nyabu juga. Itu melanggar hukum, mengapa tidak disikapi? Atau di balik ini memang karena ada orang yang sengaja ingin mengambil kursi saya? Ya, silakan saja.

Tidak kecewa karena dicopot? Tidak apa-apa. Saya stres juga menjaga penjara ini, he-he-he.... Bayangkan, ada 3.000 orang. Ngeri ini. Pergolakannya kapan kita tidak tahu. Anak saya sampai bilang “Papa ini tidak pernah ngajak kami makan malam. Berangkat pagi-pagi, pulang tengah malam. Anak sakit, cuma istri yang antar ke rumah sakit.”

Categories: 

Add new comment

CAPTCHA
Pertanyaan ini untuk menguji apakah Anda adalah pengunjung manusia dan untuk mencegah kiriman spam otomatis.
Image CAPTCHA
Enter the characters shown in the image.
left